Musik Rock dan Saya: Hee-loooouuu . . . .!

by Patrisius

“Saya masih bisa menikmati raungan gitar listrik,” kata saya ke Pak Daniel Ginting seusai nonton suatu show musik di Balai Pertiwi, Jumat lalu.

Hmm, emang saya umur berapa sih kok ngomongnya kayak gitu? Kok kayak udah jaduuull banget. Yaaaah, sudah 42 tahun. Tapi well . . . umur saya 100 tahun pun kayaknya saya nggak akan pernah nggak suka pertunjukan rock tuh. Raungan gitarnya membuat saya kepingin misuh-misuh sekasar-kasarnya karena sangat memekakkan, dentuman bas dan rentetan staccato drumnya membuat high, suara vokalisnya yang meraung dan menggeram merangsang semprotan air ludah, tapi ya itulah anehnya . . . saya tetap suka. SUKA BANGET!

Mungkin apa yang saya tulis di blog pribadi saya ini (aslinya bahasa Inggris) bisa memberi sedikit gambaran bagaimana saya menyikapi musik rock:

======
“Jangan dengerin musik rock,” saran seorang agamis kepada saya suatu ketika. Musik rock, dia bilang, membawa pesan iblis.

Saya mau muntah mendengar saran itu. Orang beragama kadang terlalu lebay juga, sih, masak iya musick rock dibilang membawa amanat iblis. Oh, puh-leeeazee, rock is cool, rock is energetic, rock music invigorates, it sparks oomph and whips up lame spirits.

Coba yang satu ini, favoritku sepanjang jaman: Smells Like Teen Spirits, oleh Nirvana*. Judulnya aja sudah mengecrutkan energi dahsyat dari dalam, mentah, sedikit berbumbu putus asa dan amarah, namun membara dan mengundang gairah. Dengan satu kata: sexy!

Simak deraian refrainnya ini : “He loow, he low, he low, how louu . . .” yang langsung ditamatkan dengan rentetan staccato drumnya: rat tat tat tat tat tat! Jleggerr! Di latar belakang, bass nya yang cuman empat kord mengawal semua chaos yang nikmat ini, sampai kemudian sang vokalis menggelegarkan liriknya:
“Here we are now, entertain us, I feel stupid, and contagious!”

Mmmmmphh . . . . begini rasanya orang high kena lagu ini. Cool, keras, kuat dan meledak. Benar-benar karya artistik yang menghancurleburkan benak.

Devil or Angel? Well, who cares! Nirvana rocked! Rock music rocks!

Leave a Reply