Menutup Lembaran Semester 2

Tidak terasa sudah hampir 1 tahun saya melawati masa hidup saya di Malang, yang menjadi tempat saya melanjutkan study S1 Sistem Informasi di Universitas Ma Chung. Jika seandainya tiap semester bisa diberi Judul, maka semester 1 saya beri Judul “Adaptasi dan Pembelajaran Tiada Henti” sedangkan untuk semester 2 ini saya beri Judul “Kesadaran dan Perjuangan Tiada Henti”.

Bukan tanpa alasan saya memberi Judul pada semester 1 dengan “Adaptasi dan Pembelajaran Tiada Henti”, karena pada masa itu adalah semua serba baru. Mulai dari Tempat tinggal baru, kampus baru, teman baru, semuuaaa deh serba baru jadi perlu adaptasi untuk itu semua. kemudian pada masa itu juga dimulainya suatu sistem pembelajaran yang “oke banget”, membuat saya mampu menelaah berbagai situasi yang saya alami. Dalam masa adaptasi ini saya membuat start yang cukup buruk dengan hanya mampu menorehkan IP 2,69…..

Pada semeseter 2 yang saya beri “Kesadaran dan Perjuangan Tiada Henti”, merupakan fase yang…hmm….entah bagaimana saya mendeskripsikannya, semua serba bercampur jadi satu. keterpurukan IP pada semester 1 membuat saya berambisi untuk mengejar ketinggalan tersebut, berbagai usaha saya lakukan (tentunya semua cara yang halal lho ya…). untuk masalah akademis saya mulai memasang strategi “Gila-gilaan”, apa itu?? Rahasia….hahahahaaaa…. yang pastinya jam tidur hanya 4-5 jam.

setiap mata kuliah saya berusaha semaksimal mungkin, meskipun masih ada yang kecolongan. seperti Mandarin yang pada semester ini mengalami terjun bebas, yang pada semster lalu mendapat A, skr hanya mendapat B. hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya :
– Jualan Koran KOmpas, kegiatan gila dan ga bakalan terulang untuk kesekian kalinya ini telah menyita waktu dan pikiran saya. Bayangkan saja, kita harus berjualan koran 100 exemplar per hari dengan jam jualan sebelum jam setengah 7 pagi, belum lagi kalau ga laku…ya mau ga mau harus di torokin..T_T…sehingga saya jadi sering bolos mandarin atau ketiduran di kelas mandarin…fiuuuh….
– Dosen nya mulai Gila, oke….bukan gila dalam arti sebenarnya, cuma si Huang Lao Shi ini mulai ga waras aja. Dia berubah…..bukan menjadi power ranger atau satria bajahitam RX…tapi……entah lah, namun sepertinya dia berubah, dan dia pun mengakuinya. ini membuat situasi semakin memburuk….T_T
– Skala prioritas, jujur aja klo urusan bahasa mandarin ini saya tempatkan pada urutan belakang. Seperti misalnya klo ada kuis besar jam 8, dan jam stngh 7 aja jam mandarin, pastinya saya akan meninggalkan pelajaran itu dan memilih fokus pada kuis besar tsb. yah jadi wajar lah klo cuma dapet B.

sutralah, kita tinggalkan mandarin dan beralih ke topik selanjutnya yaitu menuju CB2 a.k.a Relasi dengan Tuhan a.k.a Agama. Pada mata kuliah Agama ini terus terang saja saya merasa sudah All Out, mulai dari presentasi tata cara ibadah, talkshow “toleransi umat beragama”, sampai perjuangan pembuatan poster tentang “Cheating”. mata kuliah ini lumayan menyita waktu dan pikiran saya, meskipun bukan untuk persiapan kuis besar tp dengan menjadi koordinator dadakan untuk presentasi tata cara ibadah dan talkshow “toleransi umat beragama”. setap hari memikirkan bagaimana konsep acaranya, membayangkan situasinya dan yang pasti belajar lagi lebih dalam tentang agama, berhubung pengetahuan saya tentang agama sangat parah. Jadi begitu banyak keuntungan yang saya dapatkan dari perkuliahan ini,mulai dari pengalaman tampil sampai pengetahuan baru tentunya.

sedikit berbagi, pada awal pemberitahuan nilai CB2 ini dikatakan bahwa saya mendapatkan nilai 80 (AB), “JLEEEBBZZZ” mengingat perjuangan saya yang sampai titik darah penghabisan namun ternyata tidak mendapat nilai A, alasannya sih karena Artikel harus masuk media nasional. aaarrgghh….ini gilaaaaa….. tanpa ba-bi-bu lagi saya langsung down…down…down…..
(beberapa hari kemudian…….)
nilai CB2 akhirnya resmi keluar di Macsys dan……96
wow!!!! gile bgt!!! so cool…..
tapi ternyata……bukan hanya saya yang mendapatkan nilai A, saya rasa masih sangat banyak mahasiswa yang mendapatkan nilai tertinggi itu, mengecewakan…mengecewakan……rasa bangga pun berubah menjadi flat…..standar,,standar….fiuuh….

(BERSAMBUNG………)

2 Comments

Leave a Reply