Online Games Terbaik untuk Belajar Bahasa Asing

Apakah Anda seorang gamer? Kalau iya, pasti sudah belasan jam sehari Anda habiskan untuk bermain game di depan layar komputer. Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa game yang bisa digunakan untuk mengasah kecakapan berbahasa asing? Kalau Anda sedang belajar bahasa Inggris, mungkin bisa memetik manfaat dari beberapa game yang sedang populer. Salah satu gamer mengklaim bahwa game-game berikut ini mempunyai kemampuan untuk memperluas kosa kata bahasa asing Anda. O ya? Mari kita simak beberapa di antaranya:

1. Minecraft

Ini jenis game untuk mereka yang berbakat artistik, suka hal-hal berbau teknik, atau yang suka lari-lari meninju pohon-pohon atau berkelahi dengan zombie. Game ini menampilkan 62 bahasa yang unik dan aneh-aneh, seperti bahasa Afrika dan bahasa-bahasa pedalaman lainnya, termasuk bahasa planet Klingon yang hanya ada di serial Star Trek itu.

2. Metro 2033

Ini adalah jenis game yang menjebloskan Anda ke dunia metro bawah tanah di Rusia pada periode setelah kiamat (post apokaliptik). Jadi Anda akan berhadapan dengan karakter-karakter Rusia dan tentunya dengan bahasa Rusia pula. Tapi jangan kawatir, karena ternyata ada fasilitas pendukung untuk bahasa-bahasa lain, yang meliputi Inggris, Perancis, Belanda, Spanyol, Italia, Ceko, Polandia, dan Jerman. Lho kok ndak ada Indonesia? Ya makanya jangan main game melulu; sekali-sekali bikin dong game sendiri yang tak kalah serunya dan berbahasa Indonesia!

3. Skyrim

Game ini menghantar Anda pada daerah dingin, lengkap dengan lolongan serigala, jatuhan bulir salju, aurora, dan orang-orang Viking! Game ini tersedia dalam beberapa bahasa, seperti Inggris, Perancis, Jerman, Itali, Spanyol, dan Rusia. Wah, sayang ya ndak ada Mandarin, padahal kalau ada pasti game ini laris di daratan Tiongkok sana. Ciaaatt!!

Di game ini kita bisa belajar banyak sekali kosa kata tentang benda-benda, mulai dari apel, sampai cangkir, alat-alat masak, dan lain sebagainya. Ceritanya, benda-benda ini mengotori Bumi dan harus kita bersihkan. Sambil membersihkan, kita belajar nama-namanya dalam bahasa asing.

Disini, kita bisa melatih kemampuan menyimak (listening comprehension), karena banyak bagian yang menghadirkan monolog tokoh-tokohnya ketika mereka melakukan kesehariannya, seperti menjaga gua, ngomel tentang cuaca, pesan minuman, dan sebagainya. Apakah ini efektif? Ya, bisa saja. Ingat bahwa dalam pembelajaran bahasa, ada periode sunyi dimana kita hanya menyimak dan memahami ocehan orang-orang penutur aslinya dalam konteks sekarang dan disini.

4. Simulator

Ini mah simulasi menyetir truk. Iya, memang tidak sefantastis game-game yang saya jelaskan sebelumnya karena disini kita akan menyetir truk, mengantarkan barang-barang pesanan ke berbagai negara, membeli lagi lebih banyak truk, merekrut sopir, sampai akhirnya membangun perusahaan transportasi besar. Tapi ini bagus untuk mereka yang tidak sangat suka fantasi dan lebih suka yang seperti dunia realistis. Tentu saja dengan ciri sperti itu, kita akan bisa belajar percakapan sehari-hari dalam bahasa asing.

5. Influent

Ini memang game khusus untuk pembelajar bahasa. Ceritanya, ada seorang penemu mesin penerjemah yang sangat canggih. Sayangnya, mesin itu kemudian dicuri, dan kita sebagai gamer harus membantu si ahli itu menyusun kembali mesinnya dalam waktu yang singkat. Kita akan dihadapkan pada berbagai kata baru yang menggambarkan berbagai macam benda. Setiap kali kita berhasil mengingat arti kata tersebut, maka masuklah kata itu ke dalam mesin penerjemahnya. Ini cocok untuk mereka yang ingin menambah perbendaharaan kosa katanya.

2 Comments

Leave a Reply