Hidup Nyaman Tanpa Membaca (?)

Generasi Millennial sering disebut sebagai generasi yang malas membaca. Entah karena sudah terlampau asyik dengan gawainya yang bisa menyuguhkan seribu satu sensasi atau memang secara fisik mengalami pengurangan kapasitas otak sekian cc, yang jelas generasi ini ogah disuruh membaca. Jangankan membaca buku teks, membaca koran saja mereka ogah. Luar biasa.

Saya mencoba membayangkan bagaimana rasanya hidup tanpa membaca apa pun kecuali chat di sosial media dan rambu-rambu lalu lintas. Saya puasa membaca koran, menyimak berita, dan situs yang saya buka sehari-hari adalah Facebook dan Youtube.

Maka berita tentang korupsi trilyunan rupiah e-KTP oleh para anggota DPR pun lewat dari saya.

Berita ketegangan di semenanjung Korea karena Korut mau menguji coba rudal nuklirnya? Apa lagi itu. Lewat begitu saja, alias saya tidak tahu apa-apa.

Berita gugusan karang yang hancur diterjang sebuah kapal pesiar di Raja Ampat? Wah, apa itu. Saya juga tidak tahu.

Berita bahwa Indonesia dan Tiongkok saling merangkul untuk menggiatkan industri pariwisata di kedua negeri juga saya tidak tahu. Reaksi saya ketika ada yang memberitahukannya adalah : “Oh ya? Bagus dong”. Sudah, itu saja.

Berita menyeramkan bahwa dinasti Cendana sedang mencoba untuk bangkit kembali lewat salah satu kandidat Gubernur DKI Jakarta juga saya tidak paham. Opo iku?

Sebagai akibatnya, hidup saya memang terasa lebih enteng karena pikiran tidak dibebani masalah-masalah gawat dunia mulai dari korupsi sampai ancaman perang nuklir. Sehari-hari saya hanya berpikir dangkal dan remeh temeh saja karena situs yang saya baca pun juga begitu. Kaskus itu asik lho dibaca. Penuh cerita gosip seleb, spec gadget terbaru, dan sepak terjang atlit di dunia olah raga. Memang tidak salah namanya kaskus, karena isinya memang kayak kakus sih.

Akhirnya setelah saya menjalani puasa membaca berita dan bacaan berkualitas lainnya, saya tahu kenapa generasi Millennial cenderung hidup bahagia, penuh senyum, tawa dan canda. Ya karena mereka tidak membaca!

Leave a Reply