Belajar Bahasa secara Strategis

“Aduh, sulitnya bahasa Inggris ini. Ngafalin kata sepuluh biji aja dari tadi nggak hapal-hapal!” “Mending kamu cuma suruh ngafalin. Aku nih, besok ada tes speaking. Topiknya my last holiday. Wuih, bingung musti gimana ngomongnya menceritakan pengalaman yang seru-seru liburan yang lalu. ” Pernahkah Anda mendengar keluhan-keluhan semacam itu terungkap dari teman-teman, atau bahkan dari anda …

More

Bermabuk-Mabukan untuk Belajar Vocabulary

Kata merupakan inti suatu bahasa. Kita bisa belajar tata bahasanya, namun tanpa menguasai kata-katanya, apalah artinya. Maka tidak heran sedemikian banyak waktu dan tenaga dicurahkan untuk menambah pengetahuan kosa kata suatu bahasa asing yang sedang dipelajari. Jaman saya SD dulu, belajar kosa kata hanyalah terdiri dari satu daftar panjang berisi beberapa kata baru yang kemudian …

More

Friends Sampah dan Manfaatnya

Setelah era Facebook yang diawali pada tahun 2008, makin kelihatan betapa gila dunia ini. Yah, sebenarnya pengertian “gila” atau “waras” itu relatif juga, sih. Tapi yang saya maksud “gila” disini adalah tingkat kespontanan beberapa fesbuker yang membuatnya nampak mengerikan, memalukan, atau bahkan menjijikkan.   Ketika Facebook digunakan sebagai sarana penyebaran tips praktis, intisari pengetahuan, informasi, …

More