Apakah Anak Bingung Diajari Dua Bahasa?

Posting kali ini diilhami oleh mantan mahasiswa yang sudah menjadi sepasang suami istri dengan satu anak usia sekitar 18 bulan. Mereka datang mengunjungi mantan mentornya di kantor, dan salah satu cerita yang kemudian memicu saya untuk menulis posting ini adalah: “anak kami ndak kami masukkan ke sekolah yang menggunakan bahasa Inggris. Kami tunggu dulu sampai …

More

Wanita Sudah Tidak Menarik Lagi

Ini sudah bukan lagi jaman edan. Jaman edan tuh tahun 1980 an ketika para penyair dan pemimpin ramai-ramai menggumamkannya. Lah sekarang ini adalah jaman post-edan atau pasca-edan, ha ha ha! Lepas dari edan atau pasca-edan, di jaman ini ada beberapa gejala menarik yang cukup membuat heran. Mungkin semuanya itu hanya guyon. Tapi bukankah guyon sebenarnya …

More

The Significant Others

The significant others is a term that commonly refers to a spouse or a lover. Yet this posting is not about those loved ones. Significant others simply mean people who come to our lives and, with their diverse attitude, behavior, and personalities, provide chances for us to become improved persons. “Everything that happens to you, …

More

Communication with Tact

Communication is always a delicate matter, especially in some Asian cultures where seniority is a crucial factor and the non-egalitarian atmosphere somehow stifles a healthy continuous two-way interaction between superiors and subordinates. In an institution, communication is almost always done with a certain degree of imbalance. It is mostly initiated by the superiors and directed …

More

Wanita dan Alis Editannya

Ternyata bukan hanya makalah atau naskah berita yang harus dan bisa diedit. Makin banyak wanita yang melebarkan makna “edit” itu ke ranah kosmetik dan penampilan. Kata orang, wanita itu hidup di sangkar emas pria. Lugasnya, cara berpikirnya banyak sekali ditentukan oleh selera pria. Ini termasuk cara pandang wanita terhadap tubuh dan wajahnya sendiri. Banyak pembentukan …

More

Four Top Reasons Why Young Generations Need to Study Entrepreneurship

One of the buzz words that reverberate across schools in many parts of Indonesia is entrepreneurship. The government is encouraging the school and universities to include entrepreneurial skills in their curricula. One of the prominent businessmen has been propagating the importance of entrepreneurship, saying that it is high time the Indonesian young graduates opened job …

More

Nasi Campur Biasa, Socmed Campur?

Saya sampai tidak tahu harus menjuduli apa posting saya kali ini. Maka jadilah apa yang saya tulis di judul itu. Sebagai seorang imigran di dunia digital, saya bisa lah main socmed elek-elekan. Saya punya 3 akun Twitter, 2 akun Facebook, 2 blog, dan 2 Instagram, 1 Linkedin plus satu kumpulan cerpen digital di storial.co. Dari …

More

Kepo itu Menyebalkan

Dalam bahasa gaul sekarang, kata “kepo” entah dari mana asalnya. Tapi padanan katanya dalam bahasa Inggris adalah “nosey”, yaitu “selalu ingin tahu urusan orang lain, bahkan sampai ke urusan pribadinya.” Seorang yang kepo menghabiskan sebagian waktunya untuk mencari berita terbaru tentang orang lain. Dia ini seolah punya ketrampilan luar biasa untuk mengorek berbagai informasi tentang …

More

Berdamai dengan Luka Batin

Hanya sedikit sekali dari antara kita yang terbebas dari luka batin, entah itu sakit hati, dendam, keinginan tak tercapai, kegeraman, kesedihan, atau kehampaan yang mendalam. Tanpa sengaja pagi ini saya terantuk pada sebuah ceramah oleh seorang spiritualis tentang pergulatan dengan luka batin. Inti ceramahnya aneh sekali. Alih-alih mengkhotbahkan sikap positif, pengacuhan, ketegaran dan sejenisnya, orang …

More

Antara Studi dan Karir Gak Match Blas

Pagi tadi saya kedatangan seorang mantan mahasiswa yang sekarang bekerja di sebuah lembaga keuangan. Setelah ngomong ngalor ngidul soal kampus, usia, punya baby dan lain-lain, saya melontarkan pertanyaan yang sudah saya pendam sejak lama: “Ada hubungannya ndak antara kuliahmu dulu disini dengan bidang pekerjaanmu sekarang?” Pria muda yang sebentar lagi punya baby itu menjawab: “Yah, …

More

Psikopat

Saya bersyukur dalam hidup saya tidak pernah berkenalan dengan seorang psikopat. Mungkin juga karena teman saya terbatas (maklum introvert), mungkin juga karena orang psikopat tidak banyak di lingkungan kita yang masih kuyub dengan budaya Timur. Tapi tulisan ini tentang mendeteksi apakah seseorang itu psikopat atau tidak. Juga, karena saya penasaran ada mahasiswa yang bertanya di …

More

Bedah Otak untuk Indonesia

Kalau semua perbuatan kita ini ternyata biang keladinya adalah otak, maka ayo kita beramai-ramai menciduk otak kita dan meletakkanya di atas meja. Aduuh, bentar ajaa, gak ada lima belas menit! Tenang sajalah! Otak terdiri atas milyaran sel yang disebut neuron. Di antara neuron tersebut ada celah yang namanya synapses. Ketika terjadi kegiatan berpikir, ada lompatan-lompatan …

More

Ayo Jadi Teroris, Tapi Mengapa?

Kita semua prihatin akan mulai maraknya aksi teror di berbagai belahan dunia. Setelah bom meledak di konser Ariana Grande di Inggris, terjadi pula ledakan bom di Kampung Melayu di Jakarta. Dunia sedang masuk pelan tapi pasti dalam cengkeraman teroris. Kenapa orang menjadi teroris? Saya mengutip pendapat dari seorang pakar sosiologi di sebuah laman. Menurut dia, …

More

Buku Yang Aneh

Sebuah buku berjudul “Better Angels of Our Nature” karya Steven Pinker yang terbit th 2011 mungkin adalah salah satu buku teraneh di dunia. Masak 700 halaman hanya digunakan untuk menyampaikan satu pesan bahwa dunia kita ini sedang menjadi lebih damai. Haa? Lebih damai??? Gak salah taa?? Tapi jelas bukan sesuatu gombal-gambul sebab orang sekaliber Bill …

More

Stroke. Stroke! Stroke?

Stroke. Kata itu mungkin adalah kata bahasa Inggris canggih yang paling gampang diingat oleh orang-orang Indonesia yang tidak bisa berbahasa Inggris sekalipun. Kalau suatu kata diingat sampe segitunya, itu menandakan bahwa kata itu penting dan berkesan. Ya, mau ndak penting dan ndak berkesan gimana wong artinya mengerikan: “tersumbatnya pembuluh darah di otak oleh plak atau …

More

How to Persuade People

There are times when we need to persuade others to do something. Many professions benefit from the art of successful persuasion. Marketers need to persuade their customers, teachers need to persuade the students, and leaders need to persuade their followers and convince them about their vision. But persuading is not a simple task. That’s why …

More

Pancasila adalah Ideologi Radikal

Di sebuah harian baru-baru ini, seorang dosen ITS (tepatnya, seorang guru besar) menulis opininya tentang pelarangan kegiatan berideologi radikal di kampus-kampus. Lalu dia mengemukakan argumennya bahwa Pancasila juga termasuk ideologi radikal. Apapun yang bergelora adalah radikal, tulisnya. Saya tidak paham tentang ilmu ideologi dan segala macam kerumitannya. Saya juga bukan pakar Pancasila. Namun di balik …

More

Kucingku Hidup atau Mati?

Saya punya seekor kucing. Kucing itu saya masukkan ke dalam sebuah kotak beserta sebotol racun yang masih tertutup rapat, sebuah zat radioaktif, serta pengukur radiasi. Lalu kotak itu saya tutup rapat. Kalau zat radioaktif itu meluruh (terurai) maka alat pengukur radiasi itu akan bekerja, lalu membuka segel botol berisi gas racun itu. Racun menguap keluar, …

More

Mengapa Kreativitas Mandeg Di Universitas

Saya merasa sedikit kasihan dengan yang namanya perguruan tinggi. Akhir-akhir ini nasibnya makin memelas karena dihujani berbagai kritik. Mulai dari sindiran sekelas meme sampai pembicara setenar Sir Ken Robinson di TED Talk mengecam habis pendidikan di perguruan tinggi. Yang dibilang pendidikan tinggi memasung kreativitas lah, yang dari sejak jaman dulu tidak berubah lah, yang tidak …

More

Teori Complexity

Teori Complexity tidak rumit. Sederhana saja. Ada 4 elemen utama dalam sebuah sistem yang dikatakan kompleks: Satu, keberagaman. Bayangkan sebuah lembaga. Di dalamnya ada beragam orang dengan sifat dan bakatnya sendiri-sendiri. Dua, keterhubungan. Kembali pada contoh lembaga tadi, kita bisa melihat betapa semua orang di dalamnya saling terhubung satu sama lain entah secara hirarkis (atasan …

More

Suka yang Gelap-Gelap

Perbincangan dengan rekan Amerika yang bernama Ron Keeler selalu menyenangkan. Kami sama-sama menyukai membaca cerita. Dia lebih punya waktu untuk membaca dan mereview cerita daripada saya sehingga obrolannya pun lebih banyak. Secara teratur, dia mempostingkan reviewnya di laman Facebooknya, dan selalu saya baca dan kadang-kadang saya beri “like”. Pada reviewnya dua minggu lalu, dia mereview …

More

Keluhan Mahasiswa PA

Hari ini saya mengumpulkan mahasiswa PA saya setelah usai ujian di kelas General Linguistics yang saya asuh. Ada 4 orang mahasiswi. Mereka saya minta menceritakan keluhan-keluhannya tentang hal-hal akademis yang mereka alami selama ini. O, ya, PA adalah singkatan Penasehat Akademik. Maka mahasiswa yang menjadi asuhan saya di bawah sistem ini saya sebut saja “mahasiswa …

More

Pekerjaan-Pekerjaan yang akan Dirobotkan

Di masa depan, sebagian dari pekerjaan yang sekarang dilakukan oleh manusia akan berangsur-angsur digantikan oleh AI (Artificial Intelligence = kecerdasan buatan). Supaya tidak terlalu panjang menyebutnya, saya sebut saja “dirobotkan”. Ada empat jenis tipe pekerjaan: manual repetitif, manual non-repetitif, kognitif repetitif, dan kognitif non-repetitif. Yang kognitif non-repetitif tidak selalu bisa diramalkan. Misalnya, pekerjaan seorang direktur …

More

Mengapa Ahok Kalah

Seperti sudah saya kawatirkan pada posting sebelumnya berjudul “Ahok akan Kalah dalam Pilkada 2017”, Ahok akhirnya kalah dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Penyebabnya pun relatif jelas: pendukung paslon nomer 1 yang sudah gugur duluan pada putaran pertama beralih mendukung paslon nomer 3, sehingga suara untuk Ahok lebih rendah sampai sekitar 15 persen lebih daripada paslon …

More

Komunisme Gaya Baru

Ternyata bukan hanya kue spiku yang berlabel Gaya Baru. Menurut beberapa pihak yang dirundung gejala parno (paranoid), komunisme pun ternyata juga bergaya baru. Disingkat KGB, Komunisme Gaya Baru ini dikabarkan atau lebih tepatnya didesas-desuskan sedang mengintai bangsa Indonesia untuk dijadikan negara berideologi komunis. Padahal sejak runtuhnya Uni Soviet, komunisme sudah dianggap tidak laku. Gaungnya kalah …

More

Ibu Kartini dan Make-Up Artist

Peringatan Hari Kartini tahun 2017 yang jatuh pada hari ini terasa sangat istimewa karena . . . biasa-biasa saja. Jadi akhirnya bangsa ini sedikit lebih sadar bagaimana cara memperingati Hari Kartini. Puluhan tahun yang lalu pada setiap Hari Kartini jalanan akan disemarakkan dengan perempuan-perempuan berkebaya Jawa naik becak, atau dibonceng motor, pergi ke sekolah atau …

More

Speaking: Teruslah Berbicara!

Ketika tiba saatnya untuk berbicara dalam bahasa sasaran, ingatlah satu hal yang agak melegakan: ujaran Anda tidak harus seratus persen sempurna, seratus persen gramatikal, atau seratus persen diucapkan dengan benar. Dalam ilmu pembelajaran bahasa, dikenal istilah “keterpahaman”. Ini mengacu pada seberapa baik orang lain bisa memahami ujaran Anda. Nah, asalkan pengujaran Anda mengalir dengan relatif …

More

Mengapa Belajar Conversation?

1. Mengapa harus belajar Conversation? Teori Output Hypothesis menegaskan bahwa kita akhirnya bisa bicara dalam bahasa asing karena dipaksa ngomong (atau menulis). Dengan ikut kursus Conversation, mau tidak mau Anda terpaksa ngomong. Karena Anda ngomong, guru atau rekan lain jadi tahu dimana letak kesalahannya, terus mereka betulkan. Ujung-ujungnya, Anda jadi bisa membenarkan ujaran Anda yang …

More

Belajar Bahasa secara Strategis

“Aduh, sulitnya bahasa Inggris ini. Ngafalin kata sepuluh biji aja dari tadi nggak hapal-hapal!” “Mending kamu cuma suruh ngafalin. Aku nih, besok ada tes speaking. Topiknya my last holiday. Wuih, bingung musti gimana ngomongnya menceritakan pengalaman yang seru-seru liburan yang lalu. ” Pernahkah Anda mendengar keluhan-keluhan semacam itu terungkap dari teman-teman, atau bahkan dari anda …

More

Kedewasaan dalam Bersosmed di Facebook

Hampir sepuluh tahun setelah Facebook diluncurkan, sudahkah kita menjadi Netizen wilayah kecamatan Facebook yang bertanggungjawab dan dewasa dalam berkehidupan di dunia maya? Beberapa bulan setelah lahirnya Facebook, hampir semua penggunanya menunjukkan gejala spontan yang meledak begitu saja seolah-olah melampiaskan dendam kesumat setelah berabad-abad dipendam: foto-foto narsis, status emosional, status tidak jelas, doa-doa yang sarat dengan …

More

Generasi Millennials Mencari Rumah

Karena manusia bukan siput yang bisa membawa rumahnya kemana-mana, maka setelah menginjak usia dewasa dan bisa mendapatkan nafkah sendiri, seorang muda dari generasi Millennial harus mulai mencari tempat tinggal. Malu kan kalau harus tinggal di rumah orang tua. Ini akan lebih mendesak untuk pria muda yang juga sudah siap menikah. Masa berani melamar seorang wanita …

More

Selamat Jalan Pak Hallie Sahertian

Ketika membaca berita di grup WA pagi ini jam 5, yang terlintas di benak saya adalah : “kalau bukan sedang mimpi buruk, ini pasti lah prank yang keterlaluan.” Berita di WA itu memang membuat terkejut sangat: “Pak Hallie Sahertian meninggal dunia tadi pagi jam 3.” Sejenak saya masih berpikiran bahwa ini pastilah kerjaan orang iseng. …

More

Pendidikan Terkutuk yang Gagal Mengasah Kreativitas

Label “pendidikan terkutuk” seperti yang saya tuliskan di judul posting ini rasanya tidak berlebihan. Mulai dari dekade 70 an sampai sekarang nampaknya dunia pendidikan terus dihujani kritik dan dinistakan karena dianggap menghasilkan manusia-manusia satu ukuran yang minim daya cipta dan kemampuan selaras jaman. Bahkan band tenar sekelas Pink Floyd pun menggubah satu komposisi enak luar …

More

LSD dan Marijuana: Kenapa Tidak?

Baru-baru ini saya agak terperangah dengan satu wacana yang bergulir di beberapa media massa. Topiknya adalah perdebatan apakah sebaiknya melegalkan narkoba atau tetap menganggapnya barang terlarang dan menghukum keras para pengguna dan pengedarnya. Mereka yang mendukung pelegalan narkoba mengatakan bahwa di beberapa negara Eropa narkoba itu sudah dilegalkan walaupun penggunanya harus berada di bawah pengawasan …

More

Tentang Jajak Pendapat dan Margin of Error

Suatu hari, sekumpulan mahasiswa menyajikan hasil jajak pendapatnya di kalangan mahasiswa kampus tentang peraturan berpakaian. Mereka mengatakan telah menyebarkan angket kepada 500 an mahasiswa, dan angket yang kembali sejumlah 316. Dari ke 316 angket tersebut, sekitar 60 persennya menyatakan bahwa peraturan berpakaian di kampus perlu ditinjau ulang. Dengan yakinnya mereka mengatakan bahwa itulah pendapat dari …

More

Hidup Nyaman Tanpa Membaca (?)

Generasi Millennial sering disebut sebagai generasi yang malas membaca. Entah karena sudah terlampau asyik dengan gawainya yang bisa menyuguhkan seribu satu sensasi atau memang secara fisik mengalami pengurangan kapasitas otak sekian cc, yang jelas generasi ini ogah disuruh membaca. Jangankan membaca buku teks, membaca koran saja mereka ogah. Luar biasa. Saya mencoba membayangkan bagaimana rasanya …

More

Train to Busan, Serasa Terdampar di Batu Nisan

Saya bukan penggemar K-Pop atau K-Drama. Maka posting saya tentang sebuah film Korea berjudul “Train to Busan” ini adalah semata hasil kebetulan yang kemudian berujung pada sengsara membawa nikmat. Ini film bagus. Kalau bicara soal after taste, setelah menontonnya kita pasti akan termangu-mangu lama ibarat burung gagak hitam yang kecapekan lalu terpekur di atas nisan. …

More

Bitter Moon, Bulan Yang Pahit Sungguh

Setelah bosan dengan film horror yang plotnya itu-itu saja dan sosok hantunya sudah tidak lagi membuat saya menjerit-jerit, saya mulai mencari film drama atau teror psikologis. Ketemu satu. Judulnya “Bitter Moon”. Dibuat tahun 1992, film ini menghadirkan kisah drama yang manis tapi pahit di ujungnya. Plus mungkin ada sedikit ganja di dalamnya sehingga walaupun pahit …

More

What a Racket!

The students were busy rehearsing their vocabulary lesson as the teacher arrived. Carefully she made her way through the boys and girls who were sitting crosslegged on the floor. “What’s ebullient?” asked one student to her friend. “Ebullient, uhm . . . that’s like a bull. Strong, full of energy, enthusiastic!” “Yeah, that’s correct!” “Hey, …

More

Awas, Karyawan dengan Bibit Buruk

Manusia memang tidak serendah monyet, tapi kadang-kadang kelakuan dan cara pikirnya membuat saya lebih suka punya karyawan monyet daripada manusia. Di sebuah lembaga, ada peraturan bahwa ketika masuk kerja di pagi hari dan pulang kerja di siang hari setiap karyawan harus melakukan perekaman sidik jarinya di mesin fingerprint. Data sidik jari masuk dan pulang itu …

More

Sehat di Hari Tua

Usia 40, dia adalah figur yang paling ditakuti di rumah. Cara mendidiknya keras, tegurannya keras, dan hukuman yang dia berikan pun keras. Usia 50, dia adalah figur yang mulai mau mendengarkan suara anak-anaknya. Suara dan tegurannya yang keras dan acap kali tidak bisa dibantah lambat laun berganti menjadi suara yang bijak dan penuh nasehat, sekalipun …

More

Bahagia di Hari Tua

Usia 20. Keinginanku hanya tiga: selesai studi, dapat kerja, lalu menikah. Usia 30. Lulus sudah, menikah sudah, bekerja sudah, alangkah senangnya kalau bisa menjadi pejabat. Usia 40. Makin lengkap pencapaianku. Sandang, pangan, papan sudah tersedia. Jabatan pun sudah beberapa tahun kujalani. Tersisa satu pertanyaan di benak: apakah aku sudah bahagia? Ternyata tidak mudah menjawab pertanyaan …

More

Budaya Pasif

Hadirin pasif adalah suatu pemandangan yang umum dijumpai di forum-forum akademik di negeri ini. Setelah suatu presentasi, moderator atau dosen akan mengundang hadirin untuk bertanya. Kebanyakan hanya beberapa gelintir orang yang mengacungkan jari untuk bertanya sesuatu. Sisanya, diam. Kita juga kurang tahu apakah diamnya itu berrarti sudah mengerti, atau tidak mengerti, atau tidak tertarik, atau …

More

Belajar dengan Metode Feynman

Richard Feynman kalau saya tidak salah adalah seorang pakar fisika terkemuka. Namun namanya banyak juga dikaitkan dengan salah satu teknik belajar. Setelah menulis tentang belajar keroyokan di posting sebelumnya, saya akan membahas secara singkat Teknik Feynman ini. Teknik Feynman sebenarnya sederhana saja dan tidak jauh berbeda dari apa yang kita sudah lakukan sejauh ini sebagai …

More

Generasi Millennial Istimewa Ah Masa?

Generasi Millenial sedang menjadi trending topic di berbagai media. Kompas hari ini menurunkan setidaknya dua artikel tentang Generasi Millennial ini. Kalau Anda lahir di rentang waktu antara 1983 sampai 2003, nah, Anda termasuk salah satu generasi Millennial itu. Banyak dari berbagai ulasan itu yang menyiratkan bahwa generasi ini adalah generasi yang istimewa. Mereka sangat dekat …

More

Passion vs Perut

Kaum Millennials (lahir antara 1983 – 2000) pastilah sedang mengalami pergolakan antara passion melawan perut. Pada satu sisi, mereka ingin bekerja sesuai dengan passionnya (sampai saat ini belum ada terjemahan bhs Indonesia yang pas untuk ‘passion”, jadi biarlah begitu dulu). Tapi di sisi lain, kadang-kadang bekerja sesuai passion itu bukanlah yang bisa memuaskan perut, alias …

More

Ahok akan Kalah dalam Pilkada 2017

Pilkada Gubernur DKI sudah tinggal 2 hari lagi. Pada tanggal 15 Februari 2017, masyarakat Jakarta akan memilih calon pemimpinnya untuk 4 tahun ke depan. Ahok – Djarot akan melawan Anies – Sandiaga dan Agus – Sylvie. Setelah melakukan 3 kali debat, survey Kompas kemarin mengatakan bahwa elektabilitas Ahok masih mengungguli kedua lawannya. Ahok mencatatkan 36 …

More

Belajar Keroyokan

Hampir semua jenis ilmu memerlukan kemauan untuk membaca. Bahkan ilmu sepraktis coding pun memerlukan membaca instruksinya sampai terperinci. Dalam suatu kelas di jaman Millennials berkuasa ini, kegiatan membaca yang nampaknya makin tidak disuka itu sebenarnya bisa dilakukan secara keroyokan: membaca beberapa bagian yang panjang dan rumit secara bersama-sama, kemudian berdiskusi saling tukar menukar penggalan informasi …

More

GIG ECONOMY

Gig economy. Kata “gig” itu juga unik. Aslinya, kata itu berarti semacam kendaraan seperti kereta atau kursi beroda. Tapi lama kelamaan artinya berkembang menjadi “penampilan di sebuah event kesenian/musik”. Jadi kalau ada yang mengatakan “my band is going to have a gig next week” itu artinya dia mau tampil bermusik minggu depan. Tapi gig economy …

More

Penganggur

Penganggur adalah orang yang makan anggur. Betul? Ngawur! Tapi menarik juga kenapa ada istilah “penganggur” yang ternyata tidak ada hubungannya dengan buah anggur. Kata “anggur” memunculkan bayangan anggun, enak, mewah, dan segar, tapi kata “penganggur” berkonotasi malas, sial (karena ga dapat kerjaan), dan akhirnya mengancam karena potensi kejahatan makin besar pada mereka yang berstatus “penganggur”. …

More

Bermabuk-Mabukan untuk Belajar Vocabulary

Kata merupakan inti suatu bahasa. Kita bisa belajar tata bahasanya, namun tanpa menguasai kata-katanya, apalah artinya. Maka tidak heran sedemikian banyak waktu dan tenaga dicurahkan untuk menambah pengetahuan kosa kata suatu bahasa asing yang sedang dipelajari. Jaman saya SD dulu, belajar kosa kata hanyalah terdiri dari satu daftar panjang berisi beberapa kata baru yang kemudian …

More

Jari Kaki dan Hoki

Kecuali Anda seorang foot fetish (orang yang terangsang melihat kaki wanita), pasti Anda jarang memperhatikan bentuk kaki. Padahal konon katanya orang-orang pintar–yang celakanya sering dipandang rendah oleh orang-orang yang menganggap dirinya lebih “modern”–bentuk kaki, terutama jari-jarinya, mencerminkan kepribadian seseorang. Berikut ini adalah bentuk kaki yang sering disebut sebagai “kaki Yunani” atau “kaki api” (flame foot). …

More

Gurunya Enak

Semester kemarin, saya mengajar mata kuliah Grammar 1. Mata kuliah ini diajar oleh dua dosen, dan kelasnya diadakan 2 kali seminggu. Bukunya tebal, sak dhebok, dan seperti bisa Anda bayangkan, isinya pasti membuat muntah karena hanya ada latihan-latihan tata bahasa. Grammar pasti lah bukan pelajaran favorit bagi para mahasiswa. Celakanya, itu mata kuliah wajib dan …

More

Online Games Terbaik untuk Belajar Bahasa Asing

Apakah Anda seorang gamer? Kalau iya, pasti sudah belasan jam sehari Anda habiskan untuk bermain game di depan layar komputer. Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa game yang bisa digunakan untuk mengasah kecakapan berbahasa asing? Kalau Anda sedang belajar bahasa Inggris, mungkin bisa memetik manfaat dari beberapa game yang sedang populer. Salah satu gamer mengklaim …

More

Kenapa Iklan Memikat Kita

Temukanlah sebuah iklan dan pandang baik-baik. Kenapa sebuah iklan cenderung membuat kita menatapnya lebih lama daripada sebuah judul artikel ilmiah atau berita-berita surat kabar? Pasti karena gambarnya. Betul. Karena manusia adalah makhluk yang mencerap stimulasi visual lewat indera penglihatannya, maka sebuah gambar yang atraktif pasti akan membuat matanya lebih lama memandangi gambar. Ketika matanya menatap …

More

Efek Mandela (jilid 3)

Rupanya makin banyak yang penasaran tentang Efek Mandela. INi terbukti dari angka stats di blog ini yang menunjukkan banyaknya pembaca yang mengunyah sajian itu. Celakanya, saya pun juga masih penasaran sehingga memutuskan untuk menulis jilid 3 nya ini. Setelah menulis tentang gejala aneh ini di sini, lalu memberikan sedikit penjelasan lagi di sini, maka jilid …

More

Gempa Budaya di Gawai Kita

Tanpa kita sadari, jaman sudah berubah banyak. Kemajuan teknologi yang membuat dunia serasa dalam genggaman tangan kita bukan hanya membuat kita berdecak kagum tapi kadang-kadang juga tertegun-tegun. Ternyata, apa yang kita anggap lumrah dan sesuai di jaman dulu sudah bisa berbeda atau bahkan “tidak lumrah” di jaman sekarang. Bagi generasi Milennial perubahan ini mungkin tidak …

More

Terbang Murah Meriah Kok Bisa Ya?

Dalam satu dekade terakhir ini kita yang suka traveling banyak dimanjakan oleh penerbangan-penerbangan dengan tarif murah. Dulu ndak pernah membayangkan bisa pergi ke Korea dengan biaya tiket murah kan? Sekarang, kita bisa ke beberapa negara di Asia dengan tarif tiket di bawah 10 juta pergi-pulang. Tahun 2014 saya naik Air Asia ke Korea dengan tiket …

More

Ahok ini Ngapain di Indonesia?

Pagi tadi ketika mau sarapan saya tiba-tiba merandeg sebentar. Terlintas bayangan seorang Ahok di pikiran. Saya heran, sedang mimpi “buruk” apakah kita ini sebagai bangsa Indonesia kok tiba-tiba disodori realita sesosok figur pemimpin yang enggak banget di negara kita ini? Dari sejak kecil ketika jamannya Pak Harto, mindset yang saya punyai tentang sosok pemimpin negara …

More

SEx in the Office

I couldn’t believe the sms that landed on my cell phone that fateful afternoon: “Sir, A and C locked themselves inside The Meeting Room. I suspect they are having sex.” What??? “ You can’t be serious,” I said. “Are you sure??” “I am very certain. We all know how these two co-workers have been building …

More

The Power of the People

What’s Important in Developing a Product? Quality. Prices. Good marketing strategies. Thorough knowledge of the target market. Clear positioning. Catchy tag line. Strong vision. Enough financial backup. Fine. They are all indeed good. If you take care of them, the odds are your company will reap success. But a more important element, at least as …

More

Heaven is Nowhere

The here and now. Here and Now. Heaven is NOWHERE, that is, NOW HERE! Life in the second millennium is running at a blistering pace. I often find myself stunned, swamped and flabbergasted by the fast-moving life scenes. Often I feel like an outsider watching myself playing the scenes: teaching, advising, mentoring, blogging, getting entangled …

More

Hoax

“Donald Trump tewas setelah tadi pagi terkena serangan jantung” (breaking news CNN tadi siang jam 12.30). Percayakah Anda berita itu? Tahun 2016 dan sesudahnya kita melihat bagaimana maraknya hoax (berita palsu) di dunia maya. Berita palsu itu dikemas dengan sedemikian sehingga menarik orang untuk membacanya. Ibarat perangkap tikus, jika mereka mempercayai berita itu, maka hap! …

More

Foreplay

A student of mine once told me something simple yet very inspiring: “I like Mandarin because in the first meetings, our teacher didn’t go straight to the lesson, but introduced us to the Chinese culture. We watched films about Chinese traditions and customs. This sparked my interest to study the language.” How true. Have you …

More

Simulated Reality: Apakah Kita Hanya Simulasi Komputer?

Mari kita lihat sebuah video game. Super Mario Bros, contohnya. Lalu mari kita tanyakan kepada diri sendiri: bagaimana kalau ternyata kita semua ini hanyalah simulasi komputer seperti sang Mario itu? Ini pertanyaan yang menghebohkan, utamanya di kalangan penggemar science fiction, filsafat, dan psikologi alam semesta. Dunia sedang ramai membahasnya. Apalagi salah satu pencetusnya adalah sang …

More

Non-Violence Approach a la Gandhi

Non-violence approach to resolving conflicts. Amazing. In the world where competition is inevitable, most people and nations seem ready to pounce on each other. This is the game of an eye-for-an eye principle. If you offend us, we’ll lash out back on you. Revenge is the key word. We fight for everything: money, people’s votes, …

More

Jatuh Bangunnya si Calon Entrepreneur

Saya kenal seorang muda yang punya gairah meluap-luap untuk menjadi seorang pengusaha. “Jangan pengusaha dong, Pak,” protesnya ketika membaca sebutan saya untuknya. “Lha apa?”. “Sebut saya entrepreneur gitu lho, biar keren!” Okelah. Istilah “pengusaha” yang dulu sempat punya gengsi tersendiri rupanya sudah kalah keren sama istilah yang lebih membuat wow: “entrepreneur”. Bidang usaha yang dia …

More

Bertengkar dengan Kekasih

Suatu ketika, ada seorang teman yang baru menikah. Setelah setahun menikah, dikabarkan bahwa perkawinannya terancam retak karena dia tak henti-hentinya bertengkar dengan istrinya. Ketika kami teman-temannya mendatanginya untuk sekedar memberinya dukungan (dukungan supaya perkawinannya selamat tentunya, bukan dukungan untuk makin menggebuki istrinya), dia mengucapkan terima kasih. Lalu terlontar lah ucapan yang masih saya ingat sampai …

More

Sang Unta yang Tahan Banting

Selama ini kita sering memandang unta sebagai binatang yang tidak sexy, lamban, dan mungkin juga bodoh. Sebenarnya ada 3 jenis unta. Yang hidup di Timur Tengah adalah unta berpunuk satu, sementara yang di Asia Tengah kebanyakan berpunuk dua. Yang satu lagi sudah hampir punah makanya ndak saya sebutkan. Satu-satunya mamalia yang berpunuk ya hanya unta …

More

Kuliah Bukan Pilihan yang Tepat Jika . . .

Setelah lulus SMA, tanpa banyak pikir seseorang muda usia 18-19 tahun pasti akan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Orang tuanya juga tanpa banyak pikir, seolah otomatis, langsung menyediakan dana dan cari info kesana-kemari untuk mendapatkan perguruan tinggi yang bagus buat anaknya. Menjelang Juni sampai Agustus mereka pun sibuk tes masuk kesana kemari, atau mencari koneksi …

More

Sosialita

Kata sosialita ternyata berasal dari kata bahasa Inggris “socialite”, yang juga merupakan kombinasi dari dua kata “social” dan “elite”. Makna pertama mengacu pada kegiatan yang sifatnya memberikan perhatian kepada orang-orang yang tidak mampu, yang masih terbelakang, atau yang sakit. Makna kata kedua mencakup mereka-mereka yang melakukannya, yakni orang-orang berpangkat, bangsawan, saudagar kaya, dan kaum terpandang …

More

TOEFL, IELTS dan TOEIC Bedanya Apa?

1. Apa TOEFL itu, dan apa bedanya dengan IELTS dan TOEIC? TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes yang mengukur kecakapan berbahasa Inggris. Fokusnya adalah untuk mereka yang ingin studi lanjut di perguruan tinggi luar negeri yang berbahasa Inggris. IELTS punya tujuan yang sama, hanya fokusnya lebih khusus untuk perguruan tinggi di …

More

Fungsi Bahasa Inggris di Indonesia

Semua tahu bahwa kita adalah bangsa yang malu terhadap bahasa nasionalnya sendiri. Hah? Masa iya?   Anda tidak perlu menjadi seorang Doktor untuk menyadari betapa keminggrisnya bangsa Indon sialan ini. Keminggris itu artinya “sok bergaya seperti bangsa Inggris padahal tidak bisa”.  Hampir semua sarana iklan di berbagai media diungkapkan dalam bahasa Inggris. Padahal saya yakin …

More

Ahok Menista Dosen?

Tanpa saya bersepakat dengan beberapa orang, ternyata mereka juga sependapat bahwa dalam debat cagub DKI beberapa hari yang lalu, ada kata-kata Pak Ahok yang potensial bisa membuat dosen tersinggung. Memang secara tersurat tidak ada kata-kata berbau perendahan atau penistaan itu, tapi secara tersirat mudah sekali ditangkap pesannya: dosen itu hanya pinter ngomong tapi tidak pinter …

More

TOEIC dan Belajar Speaking

TOEIC (Test of English as International Communication) adalah tes kecakapan bahasa Inggris yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris untuk dunia kerja, dunia bisnis, dan komunikasi sehari-hari dengan orang asing. Universitas Ma Chung menggunakan tes ini untuk menjamin bahwa para lulusannya mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, dan dengan demikian menjadi sumber daya manusia yang cakap dan siap …

More

Debat Cagub DKI Ahok vs Agus vs Anies

Seusai debat antara Ahok vs Agus vs Anies kemarin, kesan pertama yang saya rasakan adalah: debatnya sopan, jauh dari gaya saling merutuk, mengecam, dan mencaci maki sebagian dari pendukung mereka. Namun ternyata ada juga yang merasa debat itu terlalu datar dan membosankan. Yah, setiap orang berhak berpendapat. Namun dalam situasi “panas” saat ini, debat yang …

More

Sambal, Cabe, Lombok, dan Kita

Orang Indonesia terkenal suka menyantap makanan pedas. Kalau sudah merasakan sengatan pedasnya, biasanya akan berkeringat, ingus di hidung menjadi cair, mata berair, dan mulut mendesis-desis mengusir hawa panas di rongganya. Maka itulah ketika masih SMA dulu saya heran kenapa orang harus menyiksa diri seperti itu. Bukankah makan seharusnya dinikmati dan tidak malah diiringi dengan “penderitaan” …

More

Ford Eco Sport: Kokoh, Gagah, tapi . . .

Mobil saya yang lain adalah Ford Eco Sport hitam keluaran tahun 2015. Ini termasuk jenis SUV (Super Utility Vehicle), yang didesain khusus untuk segala medan. Memang, tidak salah julukan itu diberikan kepadanya. Penampilan mobil Ford Eco Sport ini mengesankan sosok yang gagah dan kokoh. Dengan dapur pacu ditenagai oleh silinder berkapasitas 1499 cc, memang mobil …

More

Grand Livina 1.5 XV, Lincah dan Hemat

Grand Livina 1.5 XV yang saya beli tahun 2009 tidak pernah mengecewakan, bahkan setelah 8 tahun ini. Dengan warna kelabu metalik (sering disebut “abu-abu kera”), mobill itu adalah salah satu jenis MPV yang paling populer di Indonesia. Pergilah ke beberapa kota besar di Indonesia dan Anda akan menjumpai banyak Livina di jalanan. Mobil ini diproduksi …

More

Efek Mandela

Mandela Effect. Ini adalah gejala aneh pengingatan. Kita pasti tahu siapa Nelson Mandela. Banyak orang mengingatnya sebagai seorang pejuang hak asasi manusia yang dipenjarakan belasan tahun oleh rezim rasis di Afrika Selatan, lalu  . . . Lalu apa? Nah, disini letak anehnya. Beberapa orang akan menceritakan bahwa Mandela akhirnya meninggal di dalam penjara. Namun banyak …

More

You are GORGEOUS

  by Patrisius (ditulis untuk menyemangati para mentee saya dalam upayanya menjadi orang yang MENYENANGKAN) Gorgeous. Tahu nggak artinya? Nggak tahu? Ya, itu karena orang gorgeous sekarang ini makin lama makin sedikit. Gorgeous, itu identik dengan sikap yang membuat orang lain jadi senang, ceria, merasa dihargai, diperhatikan dan diorangkan. Wujud sikap itu sebenarnya sederhana, begitu …

More

Flatliners dan Sepenggal Maaf yang Tak Kunjung Tersampaikan

Saya tercekam sekali oleh film “Flatliners” (dibintangi Julia Roberts dan Kiefer Sutherland). Ini kisah tentang beberapa mahasiswa kedokteran yang bereksperimen dengan kematian: beberapa temannya disuntik racun sehingga jantungnya behenti berdetak (flatline = garis datar di layar monitor jantung yang biasanya dipasang di ranjang rumah sakit bagian ICU), kemudian segera dibangkitkan kembali. Mendebarkan karena salah perhitungan …

More

Cina oh Cina

Judul itu bukan ungkapan rasis. Judul itu hanya berisi ungkapan keheranan dan mungkin juga setengahnya ketakjuban, tapi yang jelas bukan penghinaan atau kekesalan. Paman saya menikah dengan wanita keturunan Tionghoa. Sepupu saya juga ikut-ikutan. Lalu saya pun akhirnya mengikuti jejak mereka. Apakah janjian? Ndak lah. Mana ada kawin janjian ma saudara? Ya kebetulan aja. Kenapa …

More

Cari Uang lewat WordPress

  Hidup akan menjadi sangat datar kalau kita menuruti garis takdir: bangun tidur, makan pagi, berangkat kerja, kerja sampai 8 jam, terus pulang, makan, tidur lagi. Demikian bertahun-tahun sampai kita mati. Hidup perlu variasi. Untuk saya yang sudah sehari-hari bergelut dengan naskah ilmiah, data penelitian,  dan buku teks, variasi itu adalah mencoba mencari uang lewat …

More

Mengoprek Website

Liburan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Saya masih bergulat dengan pertanyaan yang sama: kenapa hobi saya kok ndak asik blas? Sementara rekan lain berhobi shopping, kebut-kebutan, traveling, main musik, bercocok tanam, atau memprovokasi rakyat dengan ungkapan kegeraman di socmed, saya masih suka caturan, dengerin musik, membaca, dan nulis cerpen.   Tapi sayapun akhirnya insaf. …

More

Pilot, Pahlawan (Harusnya) Tanpa Kesalahan

“Kapten, bangun kapten!” Sang kapten gedandapan terbangun dari tidurnya. Dengan mata masih kiyip-kiyip dia mengusap ilernya (karena baru ngimpi makan babi panggang). Ternyata dia ketiduran. “Bangun, kapten,” kata ko-pilotnya. “Satu jam lagi mendarat.” * * * Salah satu komponen maha penting dalam penerbangan adalah sang pilot. Ya benar pesawatnya sudah dicek ratusan kali, diservis, dipijat …

More

Highlight 2016

Setiap akhir tahun mendekat, saya selalu terngungun: “”astagaaa, sudah setahun berlalu. Cepat sekali. Rasanya baru kemarin melihat kembang api tahun baru 2016 di loteng rumah jam 12 malam, lha kok sekarang tahun 2016 sudah akan berlalu. Huhuhu!” Setiap akhir tahun, selalu ada pertanyaan: “puncak-puncak pengalaman apa yang saya dapatkan di tahun 2016 ini?”. Ketika pertanyaan …

More

Mengajar Agama

Pagi ini, sebuah iklan sebuah PTS terkenal di Jakarta menggelitik pikiran saya. PTS itu membuka Prodi Pendidikan Agama Katolik. Saya mencuit di tweet: “agama kok dijadikan bidang studi?” Seorang teman sekantor menjawab bahwa itu mah lumrah. “Untuk bisa menjadi guru agama kan harus lewat kuliah di jurusan pendidikan agama?”. Masuk akal. Tapi lalu saya bertanya-tanya …

More

Retas Meretas Amblas

Meretas adalah kata Indonesia untuk “hack”. Jadi, meretas itu sangat berkaitan dengan perbuatan memasuki sebuah sistem komputer kemudian mengacak-acaknya, mengubahnya, atau mencuri datanya. Dalam dua hari terakhir ini dunia persilatan dibikin heboh oleh berita bahwa Rusia diduga kuat telah meretas sistem komputer Partai Demokrat Amerika Serikat dan membocorkan surat-surat rahasia ke publik sehingga mereka terpengaruh …

More

Unfriend

Tidak semua manusia patut dijadikan teman. Lebih parah lagi, tidak semua teman patut dipertahankan. Ada saat dimana kita harus dengan terpaksa membuang beberapa teman.   Ketika masih kuliah, saya dan beberapa gelintir teman termasuk kaum minoritas. Tapi kami berteman baik dengan teman-teman yang dari kelompok mayoritas. Pertemanan yang sangat mengasyikkan itu berjalan belasan tahun bahkan …

More

Ingin Kaya

Seorang teman mencibir teman lainnya ketika yang terakhir ini mengatakan bahwa dia bekerja di perusahaan asing karena sejak dulu cita-citanya adalah menjadi kaya. “Bleh, wong cita-cita kok ingin menjadi kaya??” demikian si teman pertama tadi mencibir.   Saya heran. Apa salahnya? Dimana letak salahnya ingin menjadi kaya? Saya kira adalah sangat wajar bahwa setiap orang …

More

Generasi Muda Membaca? Mimpi Kalee

Kemarin saya menulis sebuah kalimat berbahasa Indonesia di papan untuk para mahasiswa di kelas Grammar: “Anda tidak boleh bermain gawai”. Begitu membacanya, serentak hampir semua murid bertanya: “Pak, apa itu gawai?”. Maka saya pun terbengong. “Ndak ngerti artinya gawai?”. Mereka menggeleng. “Kalian seberapa sering membaca surat kabar?” “Jarang, Pak,” kata mereka. Salah satu  menjawab “nyaris …

More

Pria Menangis No Way

Setiap orang dibekali dengan mekanisme pelampiasan emosi dan stress. Salah satunya adalah kemampuan menangis. Karena alam membekali kemampuan ini untuk pria maupun wanita, maka menangis sebenarnya wajar-wajar saja. Ya, tapi kalau Anda seorang pria, ada baiknya berpikir ribuan kali sebelum  menangis di depan orang lain. Ini karena cara pandang kebanyakan orang di dunia adalah bahwa pria …

More

Jack Ma, Alibaba, dan Harvard

Alibaba di jaman dulu adalah kisah seorang pemuda yang memiliki benda ajaib yang bisa mengeluarkan jin. Tapi di jaman ini nama itu identik dengan perusahaan dari Tiongkok yang secara ajaib menjadi salah satu perusahaan luar biasa dahsyat. Lha bayangkan, hari Jumat kemarin dia meraih penjualan senilai 17 milyar USD! Gila aja nih perusahaan, wong Jumat-Jumat …

More

Kenapa Trump Menang Pilpres Amrik

Mendengar Donald Trump memenangi pemilihan Presiden USA rasanya seperti mimpi buruk. Setelah menerima berita itu di gadget, saya sampai menggeleng2kan kepala beberapa kali, setengahnya berharap supaya segera terbangun dari mimpi buruk.   Dunia juga langsung gonjang-ganjing begitu menerima kabar duka bahwa Donald Trump, milyarder yang  rasis, moslemphobia, dan misoginis (pembenci wanita) itu, bisa menang atas …

More

Nama Produk yang Memikat

Setelah menemukan suatu produk, hal tak kalah pentingnya adalah memberinya nama. Nama itu harus mudah diingat, mencerminkan sifat dan kualitas produknya, dan lebih bagus lagi kalau mempunyai asal usul yang mulia.   Secara psikolinguistik, ternyata orang mempunyai kecenderungan tertentu dalam memberi nama produk atau jasanya. Ini menarik karena seorang pemerhati bahasa seperti saya ternyata juga bisa …

More

Mimpi Semesta

Jalan-jalan itu memang menyenangkan. Kita bisa ke tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi, makan panganan2 jenis baru yang belum pernah kita cicipi, berfoto-foto, plus sedikit kudos ketika memamerkan perjalanan kita itu di Instagram. Tapi sekali-sekali nyoba yok jalan-jalan ke dalam tubuh kita sendiri. Kalau ke Jepang aja bisa, masa ke dalam tubuh sendiri ndak bisa? …

More

Wawancara Dua Mahasiswa

Kedua mahasiswi ini, Yusida dan Shielvina dari Sastra Inggris 2014, benar-benar menyuguhkan pertanyan-pertanyaan menantang kepada saya dalam wawancaranya. Salut! Sekalipun baterenya low batt sampai tewas total, mereka gak menyerah, dan hebat memang hasilnya. Bukan, bukan sayanya yang hebat, tapi mereka berdua ini. Mulai dari pertanyaan sampai pada subtitlingnya digarap dengan cukup bagus. Kalau pun ada cacatnya, …

More

Dido

  Namanya aneh: Dido. Kalau iseng, bisa pura-pura terselip lalu bilang “Dildo”. Halah! Tapi ini nama penyanyi Inggris yang lain yang juga saya suka musiknya. Di tahun 2003, salah satu hitsnya yang sangat populer adalah “White Flag”. Ternyata ini lagu tentang wanita romantis sekaligus nekad. Ceritanya, dia tuh entah gimana menjalin cinta dengan seseorang, lalu ada …

More

Go Gentle!

Penyanyi-penyanyi Inggris jarang membuat saya kecewa. Sejak jamannya the Beatles sampai Adele, mereka selalu tampil mempesona. Salah satunya adalah penyanyi favorit saya Robbie Williams. Kenapa dia menjadi favorit saya?  Ya karena kisah hidupnya yang boleh dikata menyerupai kita semua: pernah jaya, konflik dengan teman, berpisah, berjuang sendirian, sempat depresi, tapi akhirnya hidup relatif bahagia dengan …

More

Friends Sampah dan Manfaatnya

Setelah era Facebook yang diawali pada tahun 2008, makin kelihatan betapa gila dunia ini. Yah, sebenarnya pengertian “gila” atau “waras” itu relatif juga, sih. Tapi yang saya maksud “gila” disini adalah tingkat kespontanan beberapa fesbuker yang membuatnya nampak mengerikan, memalukan, atau bahkan menjijikkan.   Ketika Facebook digunakan sebagai sarana penyebaran tips praktis, intisari pengetahuan, informasi, …

More

Move On dari Masa Lampau?

Move On dari Masa Lampau? Suatu ketika, saya melakukan perjalanan ke masa lalu. Lewat teknik super canggih yang melibatkan mekanika kuantum, wormhole dan segala macam, akhirnya saya sampailah ke masa awal 1800. Biyuuh, mencengangkan sekali dunia pada tahun itu. Semua masih sepi, dingin, subur, damai, dan alam terasa begitu dekat, sedekat napas yang saya hembuskan …

More

Hapuskan Skripsi!

Hapuskan penulisan skripsi untuk mahasiswa tingkat sarjana! Komentar saya: “ya, jangaan, dodol!” Saya tidak tahu apa yang melatarbelakangi gagasan menghapuskan persyaratan menulis skripsi untuk mahasiswa tingkat sarjana. Pasti ada alasannya, dan mungkin berbobot juga. Buktinya saya dengar yang mengusulkan adalah pejabat tinggi di departemen pendidikan nasional; bahkan seorang kenalan yang bergelar Doktor juga kabarnya ikut …

More

Orang Ketiga

Hal yang relatif mudah dilakukan adalah mencintai seseorang.   Baiklah. Buktinya sudah banyak. Anda bertemu dengan seseorang lawan jenis, tertarik, kemudian jatuh cinta. Cinta Anda berbalas, dan selanjutnya hiduplah Anda berbahagia untuk selama-lamanya dengan kekasih itu.   Tapi tunggu. Lalu kenapa setelah beberapa lama, adaa saja masalah yang membuat Anda dan pasangan itu sering berselisih …

More

Antara Singapore dan Karangwidoro

Maksud hati mau bercerita tentang Singapore yang baru saya kunjungi, tapi karena semua orang sudah kesana maka saya batalkan.   Dulu tahun 70 an orang yang pergi ke Singapore akan disembah bak dewa karena jaman segitu hanya orang kaya raya atau pejabat tinggi yang bisa kesana. Sekarang si Mukidi aja udah bolak balik ke Singapore. …

More

Mengajar Online secara Efektif

Mengajar online itu sama seperti orang kurang waras. Ya iyalah, lha wong muridnya bisa diajar secara tatap muka seperti biasa, kenapa harus diajar secara online? Dosen yang mengajar secara online, termasuk saya, bisa disebabkan dua hal: pertama karena kurang waras tadi, dan yang kedua adalah mencoba suatu terobosan baru. Ya, sebenarnya sih saya tergolong yang …

More

Manusia Beracun dan Menyendiri

Manusia beracun bukan karena tubuhnya mengandung racun, tapi karena omongannya tidak membuat hati nyaman dan gembira.   Kalau kita perhatikan, barangkali banyak dari kelompok manusia yang kita jumpai sehari-hari adalah manusia beracun. Omongannya tidak jauh dari ngerasani orang lain, entah itu politikus, selebritis, atau mungkin teman lain. Kalau sudah begitu, orang lain terus menambahi dan …

More

Makan Yook Makaan!

Makan adalah kegiatan paling enak selain  berhubungan intim. Huss! Lho tapi ya emang bener toh??   Makan sekilas sederhana. Makanan dimasukkan mulut, kemudian dikunyah, dicecap dengan lidah, lalu glekk ditelan. Tapi ya karena gara-gara lidah yang ukurannya cuman segitu itu maka makan menjadi suatu ikon penting dalam budaya bangsa manapun.   Ketika dijamu makan oleh seorang …

More

Homo dan Romo

Sikap saya terhadap homo berubah-ubah. Lima tahun yang lalu saya benci pol sama homo. Saya anggap mereka makhluk aneh yang semestinya dihapuskan dari muka Bumi yang sudah ndak karuan ini. Namun dalam dua tahun terakhir saya makin banyak berpikir—tepatnya merenung—dan mulai mengubah sikap saya terhadap kaum sukses ini (sukses = suka sesama jenis).   Seorang …

More

Kelas Vocabulary Cabul

Semester ini saya mengajar Vocabulary di mahasiswa Sastra Inggris semester pertama. Karena masih mahasiswa baru, maka mereka kelihatan masih segar dan juga . . .  polos. Maklum, baru lepas dari bangku SMA. Gaya dan tongkrongannya pun lain dengan kakak-kakak kelasnya yang kelihatan lebih serius, kalau ga boleh dikatakan kucel dan awut-awutan karena merenungi skripsi yang …

More

Di Atas Bis Patas Surabaya – Malang

Bis itu mengeram tenang, ibarat raksasa besi yang dengan ramah membiarkan para penumpang menaiki tubuhnya yang kokoh. Duduk di dekat jendelanya yang besar, maka terlihat pedagang asongan sedang duduk dan berdiri di samping bus di trotoar. Setelah sekitar sepuluh orang duduk dengan nyaman di kursinya, datanglah seorang pria muda mengacung-acungkan tahu kering dalam plastik bening. …

More

Makan Banyak Napa To?

Ada beberapa alasan kenapa kita (kadang-kadang) makan banyak. Satu, karena makanannya enak dan itu di pesta pernikahan. Entah karena tidak mau rugi sudah menyumbang uang untuk kedua mempelai, atau memang hobi makan, ketika di pesta kita cenderung makan lebih banyak. Apalagi kalau makanannya enak, makin gila dah. Tapi ada juga sih beberapa orang yang makannya …

More

Kenapa Tuhan Diam Saja?

Pertanyaan paling sering diucapkan oleh umat manusia–terutama yang beragama–  adalah yang seperti tertulis di judul itu: Kenapa Tuhan diam saja? Kenapa Tuhan membiarkan semua kekacauan, kejahatan, bencana, kebusukan dan segala macam kejahatan lain terjadi di dunia ini? Kenapa Tuhan diam saja tidak menjawab doa-doa saya?   Beberapa orang mencoba menawarkan jawabannya. Banyak yang mengatakan: semua kesulitan …

More

Darimana Datangnya Kesadaran?

Mengikuti ceramah para spiritualis banyak kali membuat saya tertegun-tegun. Isinya luar biasa, tidak lazim menurut akal kita-kita  yang makhluk-makhluk dangkal. Kali ini mereka berbicara tentang kesadaran. Banyak dari kita yang mengatakan dan percaya  bahwa kesadaran itu sumbernya ya dari otak. Ternyata tidak. Menurut kaum pemikir ini, mencari  sumber kesadaran di dalam otak itu sama seperti …

More

Jones dan Wisudawan Ma Chung

Selamat pagi. Good morning. Zhao zhang hao. Sugeng injing. Saya mempunyai sebuah berita baik dan sebuah berita buruk. Berita baiknya, yudisium Fakultas Bahasa dan Seni kali ini dihadiri bukan hanya oleh lulusan Prodi Sastra Inggris, tapi juga Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Tepuk tangan untuk para lulusan dari Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Nah, berita buruknya adalah: …

More

Rawannya Keperawanan

“Di negeri ini sex adalah hal yang wajar. Tapi menjadi tidak wajar, tabu, bahkan aneh dan berdosa kalau Anda membicarakannya di depan publik.”   Saya lupa dimana saya membaca ungkapan tersebut. Tapi ungkapan itu kemudian seolah bersambut dengan apa yang saya baca tadi pagi tentang keperawanan. Keperawanan tentunya bisa menyangkut pria atau wanita–sekalipun kalau untuk …

More

Penjaminan Mutu a la General Electric

Pagi tadi saya terantuk pada sebuah bacaan bagus di Linked In. Artikel singkat itu mengisahkan seorang pejabat di General Electric yang menceritakan bagaimana perusahaan ternama itu menjamin mutunya. Mereka dengan sengaja meniadakan evaluasi tahunan, dan menggantinya dengan sebuah apps di gadget para petinggi sampai karyawan terendah yang berfungsi mengabarkan apa saja yang berkaitan dengan mutu. …

More

Makan Vegetarian Live Music

Sekarang gaya hidup vegan bukan hanya menjadi kekinian tapi juga simbol status. Rasanya ada nada kebanggaan yang sedikit memuakkan itu dalam ucapan ‘saya vegetarian’. Woooo, keren, lu vegan yah?  “Iya, dong, saya  ndak makan yang berkaki; hanya makan sayur dan daun-daunan.”. Bagus, makan tuh daun pintu  sekalian!  Murid kampus ini hebat. Studi ke Guangzhou bukannya …

More

Tuhan Krataak!

Tuhan Krataak! Satu hari setelah kiamat. Saya mulai capek mengadili sekian puluh juta nyawa yang berderet antri di depan saya. Dari tadi duduk teruss. Pinggang mulai terasa sengkleh, dan punggung serta leher pun cenut-cenut. Itu masih ditambah saya harus berpikir keras memutuskan nyawa yang saya adili harus masuk neraka, atau ke surga, atau ke masa …

More

Forrest Gump, dan Bahagianya

Menurut seorang spiritualis terkemuka, orang yang bisa disebut bahagia adalah orang yang mengikuti saja alur hidupnya dengan minim resistensi dari pikiran dan egonya. Mau apapun yang terjadi dan kemanapun dia pergi atau dibuat pergi,  dia akan ikut saja, jarang sekali mengeluh, membangkang atau bahkan memaki-maki. Nah, Forrest Gump, menurut sang spiritualis itu, bisa dikatakan sebagai …

More

Pembimbing dan Penguji Skripsi

Ada sesuatu yang kurang beres: dalam sebuah forum ujian skripsi, hadir dua orang pembimbing dan satu orang penguji. Masing-masing dari ketiga orang ini diberi waktu untuk  melontarkan pertanyaan kepada si mahasiswa penulis skripsi, lalu mereka menilai kualitas jawabannya di sebuah form penilaian.   Sampai disini semua jadi rancu, karena peran pembimbing dan penguji jadi tercampur baur. …

More

Belajar di Era Digital

Jumlah pertemuan: 16 kali, masing2 160 menit. Materi ajar: buku berjudul “XYZ” karangan Dr. Jones. Pembelajaran disusun berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester. Ruang kelas: Bakteriusus   Hal yang tertulis di atas adalah khas pengelolaan pembelajaran dari generasi jadul yang lazim disebut “digital immigrants”. Mereka biasanya berusia 50 an ke atas. Karena tahunya sejak jaman kakek neneknya …

More

Lagu yang Aneh

Lagu yang aneh. Video klipnya biasa saja, malah terkesan serampangan karena diambil dengan kamera tangan. Pemain-pemainnya yang jelas orang-orang amatiran berpakaian seadanya, hanya berkaos oblong, bercelana training dengan sepatu kets. Mereka melakukan beberapa gerakan dance yang juga tidak kalah nyentriknya di sebuah pusat perbelanjaan. Mereka menari seperti itu di bawah iringan lagu berjudul “Praise You” …

More

God is Nothing

  God is nothing. No thing. No THING. Because if He were  a thing, he would be  subject to decay and death.   Being No Thing, God accepts and understands all That Is. We are all God because we carry His image, and in fact, is  the source of that image itself. Thus, Life is God’s having …

More

Agama di Tangan Komedian

Agama di Tangan Komedian Melihat agama dari sudut pandang para komedian sungguh menyenangkan. Saya bahagia bisa tertawa akan lelucon-lelucon seperti itu. Memang saya memilih untuk tertawa dan bukan marah-marah lalu menghunus pedang untuk menyembelih para pelawak itu karena agama saya dilecehkan. Marah adalah cerminan iman kerdil dan hey…bukankah sudah kita yakini bahwa marah adalah neraka? …

More

Beriklan Secara Cerdas

Kalau melihat cara perusahaan mengiklankan diri kadang-kadang saya tertawa geli. Ya sebel ya geli. Contohnya begini:  saya sedang kebelet ingin segera melihat balapan F1 yang seru di Canada 2 minggu yang lalu. Yang saya ingin lihat adalah tabrakan di tikungan pertama. Maka, saya ke Youtube dan mencari adegan itu. Eh, baru juga diklik, muncul iklan …

More

Lulusan Sastra Inggris Jadi Pilot

  Mahasiswa yang satu ini banyak kali membuat saya menangis dalam hati. Perasaan campur aduk antara sebal, gregeten, tapi juga kasihan berkecamuk di dada setiap kali mengajar dia. Betapa tidak, kemajuannya sereeeet banget. Ketika teman-teman sekelasnya sudah menangkap materi pelajaran dan mulai piawai merangkai gagasan ilmiah dengan bahasa Inggris, dia masih bergelut dengan masalah tata …

More